Jumlah aqiqah anak laki-laki dan perempuan

Gambar. Aqiqah Sukabumi dari Aqiqah Rumah Ummat

Aqiqah adalah ibadah sunnah dalam agama Islam yang dilakukan oleh orang tua ketika memiliki seorang anak baru lahir, baik anak laki-laki maupun anak perempuan. Aqiqah adalah bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas anugerah seorang anak. Meskipun tujuannya sama, yaitu untuk mengungkapkan rasa syukur, ada perbedaan dalam jumlah hewan kurban yang disajikan untuk anak laki-laki dan anak perempuan. Dalam artikel ini, kita akan membahas jumlah aqiqah anak laki-laki dan anak perempuan sesuai dengan ajaran agama Islam.

Aqiqah untuk Anak Laki-laki:

Aqiqah untuk anak laki-laki melibatkan penyembelihan dua ekor kambing atau domba. Ini adalah jumlah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana tercatat dalam banyak hadis sahih. Salah satunya dalam madzhab Syafi’iy, Imam an-Nawawi rahimahullah dalam kitab al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab menyebutkan bahwa:

“Sunnahnya aqiqah bayi laki-laki adalah 2 ekor kambing dan bayi perempuan 1 ekor kambing. Namun jika mengaqiqahi bayi laki-laki hanya dengan 1 ekor kambing saja maka tetap mendapatkan kesunnahan aqiqah. Seandainya ada 2 bayi hanya disembelihkan 1 ekor kambing saja maka tidak sah aqiqahnya ”.

Daging dari aqiqah ini dapat digunakan untuk diberikan kepada keluarga, saudara-saudara, dan masyarakat yang membutuhkan.

Aqiqah untuk Anak Perempuan:

Aqiqah anak perempuan melibatkan penyembelihan satu ekor kambing atau domba. Ini adalah perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan aqiqah anak laki-laki. Meskipun jumlah hewan kurban yang disediakan lebih sedikit, tujuannya tetap sama: untuk menyatakan rasa syukur kepada Allah atas kelahiran seorang anak. Aqiqah anak perempuan juga dilakukan pada hari ketujuh setelah kelahiran anak.

Video Testimoni Aqiqah Rumah Ummat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top